Blog, Fashion, News, Replica Watches, review watches, Tips & Trick

Bagaimana sih Menghitung Diamter Jam Tangan

Salah satu hal yang paling sering diperhatikan oleh para penggemar jam dalam memilih jam tangan yang cocok tak lain adalah soal diameter dari watch case tersebut. Untuk pembelian jam tangan secara fisik/langsung mungkin hal ini bukanlah suatu masalah yang cukup menyulitkan, tapi untuk pembelian jam tangan secara online. aspek ukuran diameter tak lain menjadi salah satu faktor utama dalam memilh jam tangan yang tepat.

Maka dari itu, ada satu tips sederhana yang bisa membantu kamu dalam memilih jam tangan yang tepat. Pertama-tama, ukur pergelangan tangan dengan menggunakan pita pengukur. Satuan yang digunakan adalah milimeter. Setelah itu, hasil dari pengukuran pergelangan tangan ini, dibagi dengan diameter dari jam tangan yang akan dibeli.

contoh :

1.Ukuran pergelangan tangan saya 180cm.

2. Jam tangan yang hendak dibeli serian Seiko 5 Automatic, SNZG15 dengan ukuran diamter watch case 4,2cm atau 42mm.

Ukuran satuan yang tepat berkisar antara angka 4-5. Di mana dari hasil contoh perhitungan diatas, Seiko 5 Automatic cocok digunakan oleh saya karena memiliki ukuran dengan kisaran skala yang masih tepat. Untuk tambahan, model ukuran lug yang ada di jam tangan, mungkin akan menambah ukuran jam tangan beberapa milimeter lebih lebar dari ukuran diameter case yang ada.

Setelah anda mengetahui diameter yang cocok dengan lebar pergelangan tangan anda, maka hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah berapa panjang lug yang dimiliki oleh jam tangan pilihan anda. Karena ada juga jam tangan dengan diameter kecil namun memiliki lug to lug yang cukup panjang, sehingga tetap tidak cocok digunakan oleh pergelangan tangan yang kecil

Hal berikutnya adalah lebar lug. Banyak dari anda yang suka lug yang lebar (terlihat kokoh), atau bahkan tidak suka, dan lebih suka yang tidak terlalu lebar.

Umumnya pembuat jam tangan sudah menyesuaikan lug width nya sesuai dengan diameternya.

  • Diameter 47 mm biasanya lug nya 26 mm
  • Diameter 44 mm biasanya lug nya 22 – 24 mm
  • Diameter 42 mm biasanya lug nya 22 mm
  • Diameter 41 mm biasanya lug nya 20 mm

Tapi tidak semuanya seperti itu, beberapa memiliki diameter besar tapi lugnya tetap kecil, seperti contohnya Rolex Deepsea memiliki diameter 44 mm tapi lug widthnya 22 mm.

Jam tangan saat ini memang memiliki crown yang berbeda-beda dan sudah menjadi bagian yang bisa ditonjolkan sebagai signature. Seperti contohnya :

  • Panerai dengan crown guardnya, mesikipun diameternya 42, namun ada tambahan lebar yang signifikan karena crown guardnya cukup lebar.
  • Zenith Pilot atau IWC big pilot, dengan crown yang cukup besar
  • Audemars Piguet yang dikenal dengan crown holder yang cukup lebar

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah ketebalan jam tangan itu sendiri. Ini tidak ada panduannya, karena masing-masing model jam tangan berbedea-beda, dan selera anda juga berbeda-beda.