Blog, Fashion, review watches, Tips & Trick

Ciri Ciri Jam Tangan Awet Anti Air

Sebuah kebanggaan ketika Anda memiliki dan mengenakan jam tangan canggih. Dari semua kecanggihan yang ditawarkan jam tangan, water resist atau ketahanan terhadap air merupakan kecanggihan yang wajib dimiliki. Namun, lain brand, lain harga, lain pula kualitasnya. Hanya brand-brand ternama dengan harga mahal lah yang mampu membuktikan ketahanan air tersebut.

Sedangkan sebagian brand lainnya tidak mampu sedikit yang hanya menjadikan kecanggihan tersebut sebagai bagian dari marketingnya yang tidak terbukti. Ketahanan jam tangan canggih tersebut terhadap air adalah dalam melindungi baterainya.

Dimana, ketika baterai terkena air akan semakin mudah berkarat dan membuat jam mati tiba-tiba. Kedua kutub pada baterai akan mengalami short-cut. Anda pun harus mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Harganya tentu tidak murah.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli jam tangan canggih, sebaiknya Anda mengenali dulu teknologi water resist tersebut. Dalam pembagian kelasnya, jam tangan dikategorikan ke dalam jam tangan non water resist dan water resist. Untuk yang water resist tersebut dibagi lagi ke dalam water resist 50 m, 100 m, 200 m, dan diver’s watch.

 

Hasil gambar untuk Ciri-Ciri Jam Tangan Anti Air Tahan Lama Tetap Awet Meski Sudah Kusam

 

Seperti namanya, non water resist artinya tidak tahan air. Air bisa masuk langsung ke bagian mesin dan merusaknya. Baik merusak secara langsung maupun merusak dengan membuatnya berkarat secara perlahan. Sedangkan water resist bisa bertahan ketika kena air namun dalam artian air yang tenang atau cipratan. Bukan air yang bertekanan.

Hal ini juga berlaku bagi jam tangan canggih denga water resist 50 m. Jam tetap bertahan walaupun Anda menggunakannya saat mencuci tangan bahkan berenang. Anda bisa mendapatkan kecanggihan yang lebih tinggi dalam water resist 100 m dimana jam bisa juga digunakan untuk menyelam. Hanya saja jangan terlalu dalam yang hanya sekitar 3 meteran saja.

Jika Anda ingin jam tangan yang lebih ramah dengan aktivitas air maka harus memilih yang water resist 200 m. Jam ini bisa dipakai untuk Anda yang gemar olahraga air seperti scuba diving. Namun, lebih baik gunakan water resist diver’s watch saja yang lebih dikhususkan untuk kegiatan menyelam tersebut.

Rawat jam tangan water resist yang Anda miliki dengan baik. Walaupun bermerk ternama dan terbukti kualitasnya, tapi daya tahannya bisa saja berkurang karena kecerobohan Anda dalam merawatnya. Ketika jam tangan dalam kondisi yang basah setelah terkena air, jangan pence-pencet tombolnya. Baik itu karena penasaran atau karena memang ingin merubah pengaturannya.

[ Baca Juga: Fungsi Jam Tangan Chronograph ]

Kecuali jika jam tangan Anda tipe diver’s watch. Anda justru harus segera membilas jam dengan menggunakan air bersih. Hal ini dikarenakan bisa saja air yang mengenai jam tangan tadi bukan air yang bersih. Misalnya air hujan, air ini mengandung material yang jika dibiarkan bisa menempel.

Jangan coba-coba menguji jam tangan canggih dengan merendamnya menggunakan air sabun atau sejenisnya. Sebaiknya hindarkan jam dari jenis air tersebut. Air sabun tersebut bisa mengurangi kualitas kecanggihan jam tangan water resist tersebut. Terakhir, jangan juga mencoba menggunakan jam tangan water resist selain tipe diver’s watch untuk menyelam. Kecuali, Anda ingin jam tangan tersebut langsung rusak dan membeli yang baru

 Satuan dari water resist suatu jam tersebut selain m (meter) ada juga bar dan atm (atmosfer). Jika dibandingkan ukurannya, 10 m sama dengan 1 bar atau 1 atm. Untuk kegiatan sehari-hari yang tidak akan menuntut banyak aktivitas di air sebaiknya cukup gunakan jam tangan dengan water resist 10 m atau 50 m saja.
Pilih brand jam tangan berkualitas untuk menjamin ketahanan yang benar-benar dimilikinya. Pada brand-brand tersebut, detail sekat yang membuat air tidak bisa masuk ke bagian mesin sangat diperhatikan. Tidak heran kenapa dengan perawatan yang tepat jam tangan anti air tersebut bisa sangat awet.

Jika kemungkinan mengalami kerusakan, sebaiknya tidak asal memilih tempat service. Pilih tempat yang terpercaya dimana mereka biasa mereparasi jam tangan dari brand-brand ternama. Sehingga, jam tangan canggih Anda bisa diperbaiki menggunakan alat atau penggantian komponen yang terbaik.