Blog, History of Fashion, News

Fakta Dibalik Kemewahan Jam Tangan Rolex

Rolex merupakan salah satu merk jam tangan yang dikenal punya kualitas tinggi. Walaupun sudah eksis selama puluhan tahun, tapi kesan eksklusif Rolex tidak tergeserkan oleh meek jam tangan lain.

Berikut beberapa fakta dibalik kemewahan jam tangan Rolex

1. Arti Rolex itu sendiri

Ada yang mengatakan Rolex berasal dari frase Perancis yang berarti jarum jam indah, yaitu ‘horlogerie exquise’ dengan tak membaca huruf H. Wilsdorf pun berkomentar dan mengatakan kalau nama itu diambil karena ingin sebuah kata yang pendek dan terlihat bagus, juga bisa diucapkan dalam berbagai bahasa. Jadi ngga ada seorang pun yang tahu pasti artinya. Kalau menurut lo apa coba arti Rolex?

 

 

 

 

 

 

2. Rolex dimulai di London, bukan Swiss

Rolex mungkin buatan tangan orang-orang Swiss tapi Hans Wilsdorf memulai usahanya di Inggris di tahun 1905. Saat itu dia dengan saudaranya, Alfred Davis, memulai membuat jam tangan yang dijualnya di jewellers, yang akan menempatkan logo milik jewellers. Sebelum tahun 1908 mereka memutuskan membuat jam tangan mereka sendiri dan membuka kantor di Swiss, karena dari sanalah pembuat jam tangan yang terampil berasal.

3. Rolex masih Hand-made

Percaya atau ngga Rolex memang masih hand-made, meskipun di jaman serba canggih seperti sekarang. Mesin hanya membantu dalam tugas-tugas rutin seperti penyortiran sekrup, sedangkan pengerjaan lainnya dilakukan oleh tangan orang-orang Swiss.

4. Stainless steel yang sangat mahal

Stainless steel yang biasanya digunakan untuk jam tangan adalah 316L, tapi Rolex memilih stainless steel yang nilainya jauh lebih tinggi yaitu 904L. Bukan hanya itu, resistensinya juga lebih baik untuk pitting dan kabarnya mereka membuat emas dan platinum sendiri.

5. Setiap Rolex dilakukan pressure-tested

Rolex ditempatkan di sensitive air-pressure chamber untuk mencegah adanya kebocoran udara. Semua Rolex diuji untuk penyelaman dengan menempatkannya di dalam tangki air bertekanan tinggi setara 300 meter atau 1000 kaki. Uji kondensasi juga dilakukan dengan hati-hati, jika medical-grade optical sensor menemukan adanya kondensasi maka Rolex tersebut dibongkar kembali. Sedangkan untuk kedalaman laut, Rolex diuji dengan tekanan mencapai 12.000 meter atau sekitar 39.000 kaki di bawah permukaan laut, padahal spot terdalam di lautan hanya mencapai 10.911 meter yang berarti Rolex bisa menyelam lebih dalam.

 

 

 

6. Rolex palsu ngga bisa menipu

Canadian stripper mengatakan kalau dia dapat tahu dengan mudah Rolex palsu saat ada di atas panggung. Hal yang pertama mereka lihat adalah jarum jamnya, Rolex memiliki jarum jam mekanik dengan gerakan yang anggun, sedangkan Rolex palsu dengan elektronik akan berdetik setiap detiknya. Selain itu jangan lupakan kualitas material, mesin, dan desainnya yang pasti sangat berbeda.

7. Perang Dunia II

Ketika tentara Nazi merampas jam tangan Rolex dari para penerbang Royal Air Force Inggris, direktur Rolex saat itu, yaitu Wilsdorf, menawarkan untuk mengganti Rolex dari para penerbang yang dirampas. Based on word only, tanpa perlu menyertakan bukti pembelian dan lainnya. Sejak saat itu, Rolex menjadi status symbol di angkatan udara Amerika, Inggris, dan sekutu lainnya.

8. Rolex bertahan di Mount Everest dan di bawah laut

Tahun 1953, British Himalaya Expedition yang dipimpin Sir Edmund Hillary mencatat sejarah sebagai manusia pertama yang mencapai puncak Mount Everest. Semua orang dalam ekspedisi menggunakan Rolex Oyster Perpetuals dan tak ada satu pun yang rusak dan pendakian sekeras itu. Selain mencapai puncak tertinggi di dunia, Rolex juga menyelam ke kedalaman 35.798 kaki di bagian terdalam dari Mariana Trench pada tahun 1960 bersama Angkatan Laut AS dan mereka sendiri terkejut karena Rolex masih berdetak.

Itulah 8 Fakta dibalik kemewahan Jam Tangan Merk Rolax, Menakjubkan bukan??

 

 

 

 

Save