Blog, Fashion, History of Fashion, News, Tips & Trick

Jam Tangan Swiss vs Jepang

Jam tangan Swiss Made sudah dikenal secara umum sebagai jam tangan mahal sekaligus mewah sebab kualitasnya yang tinggi, dan termasuk sisi seni, sisi pembuatannya yang teliti oleh para maestro. Sementara jam tangan buatan Jepang dikenal sebagai jam tangan yang praktis dan ekonomis berkualitas yang mumpuni dan teknologi yang canggih.

Namun masih banyak yang masih menimbulkan pertanyaan terkait perbedaan kedua jam tangan ini. Perbedaan keduanya yang dapat digunakan sebagai acuan menentukan antara lain perbandingan dari beberapa sisi misalnnya, sejarah, kualitas, mekanisme, desain, fitur serta harga.

 

Sejarah


Pada awalnya jam tangan Swiss Made mulai dikenal di abad ke-15. Ketenaran jam tangan Swiss Made sangat meroket dengan munculnya kreasi-kreasi dari para ahli jam tangan di Jenewa, Switzerland. Jam tangan Jepang diproduksi jauh setelahnya yaitu pada abad ke-20. Namun industri jam tangan Jepang mengalami kesuksesan yang besar dengan kepopuleran merk-merk mereka di dunia.

Swiss selalu dikenal sebagai penghasil jam tangan dengan desain termewah dan mahal berkualitas hebat dan keahlian tinggi. Mereka mampu memproduksi desain yang langka dan terkenal yang diproduksi secara khusus untuk orang-orang hebat dan terkenal. Harga jam tangan yang tidak main-main, tidak heran jika jam tangan produksi Swiss hanya dapat dijangkau para elite. Jepang pun memanfaatkan kesenjangan ini dengan memproduksi jam tangan yang ekonomis tapi tetap berkualitas kualitas tingi pada abad 20 yang menimbulkan ide ini sebagai lahan industri baru.

 

 

Kualitas dan Mekanisme


Dalam mempertahankan kualitas terbaik dari jam tangan Swiss, ada federasi yang khusus bekerja untuk memastikan bahwa setiap jam tangan yang diproduksi sudah memenuhi daftar cek (Federation of the Swiss Watch Industry). Sementara, Jepang memproduksi jam tangan yang lebih kecil dengan mengurangi ukuran rangka jam penutup (case) jam tangan di tahun 1960-an. Pabrik pun mengurangi konsumsi energi jam tangan buatan mereka. Dan kemudian, Jam tangan Jepang selalu dibekali dengan fitur yang inovatif dan praktis. Hal tersebutlah yang menunjukkan dengan produknya yang mudah dalam hal perawatan.

Untuk mesinnya, jam tangan Swiss memakai ETA Movement sementara Jepang memakai Miyota Movement. Harga Swiss ETA Movement mempunyai harga yang lebih mahal bila dibandingkan Miyota Movement.

 

 

Desain dan Fitur


Untuk membandingkan jam tangan Swiss dan Jepang, level presisi bakal menentukan kualitas desain. Jam tangan Swiss mempunyai kecenderungan guna memproduksi jam tangan persis sama menggunakan fitur jam tangan asli sebelumnya. Sedangkan jam tangan Jepang mempunyai desain yang agak melenceng dari jam tangan aslinya. Keuntungan lain dari jam tangan Swiss Made ada pada fungsi ‘power reverse’. Jam tangan Swiss berkualitas lebih baik dari sisi ‘power reverse’ dan akurat jika dibandingkan dengan jam tangan yang telah mempunyai choronograph.

 

 

Biaya dan Harga


Kendati Jepang pertama kali telah memperkenalkan jam tangan Quartz pada pasar, jam tangan mewah dari Swiss biasanya lebih mahal bila dibandingkan jam tangan Jepang. Jam tangan Swiss mempunyai harga yang relatif tinggi, sebab jam tangan Swiss mempunyai kualitas terbaik. Swiss Quartz mempunyai reputasi pada akurasi, ketahanan air, keandalan, serta ketahan goncangan. Jam tangan Swiss pun dikenal sebagai simbol ketenaran, kekayaan serta status.

[ Baca Juga: Garmin Vivoactive 3, Smartwatch Khusus Pecinta Olahraga ]

Sementara jam tangan Jepang juga muncul sebagai pemimpin global dalam bidang inovasi serta teknologi. Jam tangan Jepang diperkenalkan jam tangan kinetik yang tidak perlu memakai baterai dan malah dilengkapi fitur tambahan misalnya GPS, Stopwatch, Alarm, dll. Jam tangan buatan Jepang pun memunculkan jam tangan dengan harga terjangkau, menggunakan kombinasi fitur kualitas serta fungsional.

Kesimpulannya kedua jam tangan ini mempunyai keunggulan masing-masing, tergantung selera dan kemampuan Anda untuk menentukan jam tangan buatan Jepang atau buatan jam tangan Swiss yang Anda pilih.