News

Mengingat Sejenak Tentang Peter Henlein

Jam Tangan Jam Dinding Jam Kantong dan Jam berjenis lainnya di jaman sekarang ini siapakah yang gak punya salah satu dari semua jenis jam tersebut ?? Hampir setiap orang punya jam tangan hampir di setiap rumah punya jam dinding. Dan ternyata penemu jam tangan pertama di dunia ada orang yang bernama Peter Henlein, orang jerman yang dulunya adalah seorang pengrajin taschenuhr hias kecil jam kecil seperti liontin yang biasanya melekat di pada pakaian.

Peter Henlein adalah seorang penggiat kerajinan yang membuat Taschenuhr alias Jam portable atai jam hias pertama di Jerman. Seperti Pepe penggiat sepakbola di spanyol.

 

Awalnya pada tahun 1504 dia magang sebagai tukang kunci, saat itu tempat yang dia magangi berfokus ke kerajinan yang membuat ketrampilan bidang baru,dari situlah heilein belajar dan menciptakan sebuah jam tipe taschenuhr. Karena kerajinan taschenuhr yang dibuat oleh Henlein sangat unik, lantas banyak bangsawan yang menyukai aksesoris tersebut.

Maka sampai sekarang sosok Peter Henlein melekat di jam model taschenuhr. dan di nobatkan juga sebagai Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia.Peter H terkenal dengan keuletan dan kegigihannya dalam mengerjakan sesuatu hingga benar – benar menjadi sebuah maha karya yang diakui dan berkualitas.

Peter Henlein (Juga dieja Henle atau Hele) (1485 – Agustus 1542), dinobatkan sebagai pembuat jam tangan pertama di dunia, meskipun banyak orang lain yang memiliki persepsi atau ide yang sama seperti Henlein, namun dialah yang terbukti sebagai penemu jam pertama.

Peter Henlein juga berjasa dalam pembangunan menara jam untuk Lichtenau Castle di tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah. Peter Henlein adalah seorang pembuat jam terkenal dan berbakat, namun ada Pembuat jam (clockmakers) lain yang membuat jam kecil pada saat itu meski tidak jelas sumber beritanya.

Mungkin ide tentang jam ini telah ada di awal 1400-an, hampir satu abad sebelum karyanya. Orang yang sering bercerita tentang dia berasal dari rekan-rekannya dari Johann Neudorfer pada tahun 1547 tak lama setelah kematiannya:
“Henlein was very nearly the first of those who invented how to put small clocks into little boxes”