Blog, Tips & Trick

Mengenal Teknologi Quartz Movement Pada Jam Tangan

Mesin jam tangan quartz merupakan salah satu mesin jam tangan yang menggunakan elektronik. Mesin tersebut sudah ditemukan oleh Seiko sejak tahun 1969, Dan ketika itu Seiko merilis jam quartz pertama di dunia yang diberi nama Astron. Manuver Seiko itu menimbulkan begitu banyak brand Swiss yang merilis jam mekanik jadi kolaps, dan malah beberapa diantaranya pun jadi gulung tikar. Namun hingga kini produsen jam tangan brand Swiss pun ikut meluncurkan jam dengan mesin quartz.

Pada mesin quartz, energi bisa berasal darimana saja (umumnya dari baterai). Dan tapi hingga akhirnya akan dikonversi menjadi energi listrik. Energi listrik itulah yang bisa menggetarkan kristal quartz menggunakan frekuensi tertentu, Dan itulah sebabnya kristal bakal bergetar di setiap detik dan  menggerakan gerigi roda yang menimbulkan jarum gerak. Getaran kristal quartz pun dikontrol oleh micro chip, dan karena itu akan menghasilkan getaran yang konsisten. Dan maka dari itu akurasi jam tangan pun baik.

Sebab jarum digerakan oleh getaran kristal quartz, maka jarum pada mesin quartz akan bergerak per satu detik, menjadi 1 beat per second. Mesin quartz terdapat beberapa jenis misalnya quartz konvensional, solar quartz serta kinetic quartz. Sementara secara tampilan terdapat jam tangan quartz analog (menggunakan tampilan analog) dan quartz digital (tampilan digital). Terdapat pula jam quartz yang memiliki tampilan analog serta digital, disebut sebagai jam ana-digi.

 

Quartz Konvensional


Mesin quartz konvensional ini memiliki sumber energi berasal dari baterai. Baterai yaitu media penyimpanan zat kimia yang dapat diubah menjadi energi listrik. Dan di mesin quartz ini, zat kimia diubah jadi energi listrik. Energi listirik tersebut bisa menggerakan mesin quartz.

quartzview.JPG

 

Solar Quartz


Solar quartz merupakan mesin quartz yang sumber energinya berasal dari cahaya. Dapat berupa cahaya lampu atau cahaya matahari. Cahaya tersebut diserap sebuah panel surya yang berada dibawah dial jam. Cahaya yang diserap tersebut menuju baterai khusus yang apabila terkena energy cahaya bakal terisi secara otomatis. Energi dari baterai khusus tersebut pun kemudian diubah jadi energi listrik guna menjalankan mesin quartz.

 

 

Kinetic Quartz


Kinetic quartz merupakan mesin quartz yang sumber energinya berasal dari putaran rotor atau energi mekanik. Untuk itu akan terdapat rotor layaknya jam automatic, namun energi dari putaran rotor ini bakal ditangkap oleh kumparan magnet. Energi gerak tersebut pun secara elektromagnetik, bakal berubah jadi energi listrik. Energi listrik pun bakal disimpan dikapasitor, yang kemudian dipakai dalam menjalankan mesin quartz.

 

 

Atomic Dan Satellite Quartz


Dan di perkembangan mesin quartz, produsen jam dari Jepang berlomba-lomba dapat melakukan inovasi di mesin quartz ini. Misalnya Casio yang mengembangkan atomic quartz watch. Apa itu atomic quartz? Atomic quartz merupakan mesin jam quartz biasa, hanya ada sedikit modifikasi terdapat mesinnya. Mesin tersebut dilengkapi teknologi wireless dalam sinkronisasi dengan menara pemancar waktu. Menara pemancar waktu pun sebenarnya belum ada diseluruh dunia. Cuma ada di negara-negara maju saja misalnya di Jepang dan Amerika. Jam jenis atomic tersebut memungkinkan akurasi yang tinggi sebab langsung sinkronisasi dengan waktu setempat.   Citizen pun ikut mengembangkan teknologi tersebut bernama Radio Controlled Watch, teknologi yang dipakai sama saja hanya mempunyai perbedaan nama saja.

Sementara Satellite Quartz, merupakan jam tangan menggunakan mesin quartz yang dilengkapi dengan teknologi GPS. Dan sementara jam tangan quartz jenis ini, bakal langsung sinkronisasi dengan satelit. Selain itu jam ini sangat praktis dan bisa digunakan di seluruh dunia. Seperti bila kita ke hutan amazon, untuk itu kita cukup klik satu tombol, dan maka dari itu jam tangan langsung bakal sinkronisasi dengan satelit serta menunjukan waktu setempat (amazon).  Seiko dan juga Citizen mengembangkan teknologi ini, Seiko memberi nama jam mereka Astron GPS serta Citizen menamakan jam mereka yaitu Satellite Wave.

[ Baca Juga: Kenali Jam Tangan Minimalis Spring/Summer ]

Fitur pendukung jam tangan quartz yang dilengkapi teknologi misalnya atomic dan satellite, dimana itu merupakan hal akurasi dan kepraktisan setting waktu, apalagi bila kita termasuk orang yang mobile gemar bepergian ke tempat ke zona waktu berbeda. Cukup klik satu tombol saja, jam pun bakal menunjukan waktu setempat. Sementara pada hal akurasi, akurasi jam atomic dan satellite ialah 100%. Tidak terdapat deviasi waktu. Di Jepang misalnya, semua jadwal penerbangan dan kereta api menggunakan jam satellite dan atom, sementara dimana saja akan sama waktunya, dan dalam penggunaan jam jenis ini di negara maju misalnya Jepang yang tepat waktu, bakal sangat berguna.