Blog, Fashion, News

Transocean, Koleksi Diver Seiko Terbaru

Bersama dengan sejarah yang meluncurkan diver watch lebih dari 50 tahun, begitu banyak inovasi yang dilahirkan, dan juga popularitas di kalangan penikmat jam tangan, bila Seiko “kebetulan” juga memiliki line-up diver watch adalah suatu understatement. Namun kali ini Seiko meluncurkan seri Transocean yang menambah jenis dalam lini diver watch Seiko.

Transocean merupakan termasuk dalam kategori Prospex, yakni line-up tool watch Seiko yang didesain sebagai jam tangan yang tangguh serta berkualitas tinggi. Nama Prospex yang berarti “professional specifications” menampilkan kalau line-up Prospex memang ditujukan untuk mereka yang memerlukan jam tangan dengan spesifikasi yang tinggi contohnya atlit, penyelam, atau pilot. Dengan reputasi besar yang dipunyai Seiko Prospex, jam tangan ini semakin populer di antara penggemar jam tangan tanpa perlu melihat apa profesi mereka.

Kesemua model jam tangan seri Transocean mempunyai model yang khas dibanding diver watch Seiko lainnya. Secara konseptual, Seiko paling tidak sengaja merancang lini Transocean jadi dive watch yang secara penampilan tidak cuma sesuai ketika menyelam tapi juga tetap terlihat elegan sebagai padanan busana resmi ditambah sentuhan modern.

Beberapa perbedaan lain yang mencolok yaitu desain case yang terintegrasi dengan bracelet sehingga terlihat menyatu dan dirancang khusus supaya lebih ergonomis, dan juga bezelnya yang juga one-piece (tidak memakai bezel insert) dan berbahan keramik zirkonia sehingga tahan gores.

Tak hanya itu, berbeda dengan tradisi Seiko pada rata-rata diver watch produksi mereka, seri Transocean memakai kristal sapphire dengan antireflective coating, di mana kebanyakan diver watch Seiko memakai Hardlex dimana itu adalah kristal hasil penelitian Seiko.

[ Baca Juga: Jam Tangan Khusus Penggendara Motor Ala Seiko ]

Seluruh permukaan jam tangan pun terlapisi dengan baik oleh coating Diashield yang tahan gores dan hipoalergenik ditambah teknik pemolesan Zaratsu, suatu yang jarang ditemukan pada diver watch Seiko yang tidak berbahan titanium dan dalam range harga ini. Bagian clasp juga memakai diver clasp extension yang dirancang untuk pemakaian dengan baju selam.

Seri Transocean tersebut pun hadir dalam tiga model, masing-masing dengan fungsi serta movement yang berbeda. Untuk model dasar (diawali SBDC) memakai movement 6R15, sementara yang berupa chronograph memakai movement 8R49. Ada juga model berfungsi GMT dan memakai movement Spring Drive khas Seiko.